Jumat, 30 Oktober 2015

Mick Doohan Si Sapu bersih Gelar 5 Tahun 500cc

00.39 Posted by Unknown No comments
Michael “Mick” Doohan (lahir 4 Juni 1965; umur 46 tahun) adalah seorang pembalap asal Australia yang memiliki nama besar di dunia balap motor. Dia adalah pembalap yang memiliki rekor juara dunia GP 500cc dengan motor NSR 500 sebanyak lima kali di tahun 1994, 1995, 1996, 1997, 1998. Kariernya terhenti akibat kecelakaan dahsyat di sirkuit Jerez, Spanyol pada tahun 1999, setelah absen dari balapan ia tetap berkecimpung dalam dunia balap. Ia pernah menjabat sebagai penasehat tim yang sebelumnya pernah dibelanya, tim HRC (Honda Racing Company). Pada tahun 2000, ia bersama mantan mekaniknya Jerremy Burgess membentuk tim Nasstro Azzuro Honda menangani pembalap Italia yang baru saja pindah ke kelas 500cc, Valentino Rossi.


Biografi

Berasal dari Gold Coast, dekat Brisbane, Doohan dihadiri Sekolah Tinggi St Joseph, Gregory Terrace. Dia berlari di Superbikes Australia di akhir 1980-an, dan juga memenangkan kedua ras sebagai Superbike World Championship mengunjungi Oran Park di tahun 1988. Dia adalah salah satu dari 500 cc atau beberapa Dunia MotoGP Champions telah memenangkan perlombaan Superbike World Championship .

Ia membuat debutnya di Grand Prix untuk Honda pada sepeda motor dua tak 500cc pada tahun 1989. Pada tahun 1991, ia dipasangkan dengan Wayne Gardner mengendarai Honda RVF750 Superbike dan memenangi balapan Suzuka 8 Jam daya tahan. Doohan bersaing berhasil sepanjang 1990-an dan tampaknya dalam perjalanan untuk memenangkan kejuaraan dunia pertama ketika ia terluka parah dalam kecelakaan praktek sebelum tahun 1992 Belanda TT. Dia menderita kerusakan serius permanen pada kaki kanannya karena komplikasi medis dan, pada satu tahap, mempertaruhkan amputasi kaki. Pada saat itu, Doohan adalah 65 poin dalam memimpin kejuaraan, tapi tidak bisa bersaing untuk delapan minggu setelah kecelakaan itu.

 Setelah pemulihan sulit, Doohan kembali ke balap untuk dua balapan terakhir namun tidak bisa mencegah Yamaha Wayne Rainey dari memenangkan gelar ketiga berturut-turut (dengan 4 poin dari Doohan). Pada tahun 1993 ia berjuang dengan penyembuhan kakinya dan kemampuan untuk memacu Honda di tingkat elit, menyatakan kemudian bahwa pada tahun itu hanya itu yang bisa lakukan untuk terus naik di Honda. Itu juga selama ini ia beralih ke rem dioperasikan ibu jari kiri belakang, karena kaki kanannya tidak lagi mampu melakukan fungsi ini.
Pada tahun 1994, dia memenangkan pertamanya 500 cc Kejuaraan Dunia. Kemudian, hingga 1998, ia mendominasi kelas, menang lima kali berturut-turut 500 cc Kejuaraan Dunia. Pada tahun 1997, tahun yang paling sukses, Doohan meraih 12 dari 15 balapan, posisi kedua dalam dua, dan tersingkir dari lomba akhir musim di rumahnya GP sementara memimpin dengan lebih dari enam detik. Pada bulan Juni 1996 Doohan itu dilantik sebagai Anggota Order of Australia atas kontribusinya bagi olahraga balap motor.

Meskipun hingga delapan saingan pada pabrik sepeda motor Honda HRC non marjin Doohan superioritas atas mereka seperti yang telah di banyak balapan Doohan akan membangun memimpin nyaman dan kemudian naik dengan baik dalam batas-batas untuk pelayaran menuju kemenangan. Meskipun keterampilan mengendarai murni jelas memainkan peranan besar dalam keberhasilan, kemampuan insinyur ras utamanya, Jeremy Burgess, untuk menyempurnakan suspensi dan geometri sepeda motor balap memberinya banyak keuntungan atas para pesaingnya. Antara tahun 1994 dan 1998 sepeda dikatakan tidak memiliki banyak perubahan, dengan Honda insinyur dilaporkan menjadi frustrasi keengganan Doohan untuk mencoba inovasi baru seperti pergeseran elektronik (itu hanya ketika Rossi datang ke Honda pada tahun 1999 bahwa Honda insinyur harus kepala mereka dengan Rossi bersedia untuk mencoba inovasi lebih) .

Salah satu sifat penting dari pasca-kecelakaan gaya berkuda Doohan adalah penggunaan rem jempol dioperasikan belakang dikembangkan selama tahun 1993. Ini dioperasikan oleh bar “dorongan” mirip dengan throttle kerajinan air pribadi, tapi dipasang di stang kiri. Pada tahun 1999 Doohan kembali mendapat kecelakaan, kali ini dalam sesi kualifikasi sangat basah untuk Grand Prix Spanyol. Dia lagi patah kaki di beberapa tempat dan kemudian mengumumkan pengunduran dirinya. Jeremy Burgess, kepala insinyur Doohan untuk seluruh karirnya, kemudian menjadi insinyur kepala Valentino Rossi. Setelah Doohan pensiun ia pergi untuk bekerja sebagai penasihat keliling untuk Honda upaya Prix balap Grand. Pada akhir musim 2004, Doohan dan Honda berpisah.

pengadilan kasus

Pada bulan Agustus 2006 Doohan muncul di sidang pengadilan Darwin untuk menghadapi tuduhan atas perkelahian akhir pekan di sebuah klub strip. Dia menghadapi tuduhan penyerangan dan gagal untuk meninggalkan tempat berlisensimelalui pertengkaran dengan dugaan tukang pukul awal pada hari Sabtu pagi.

Marriage

Doohan menikah rekannya Selina Sines sebelas tahun pada Jumat, Maret 21, 2006, di Pulau Hamilton, pasangan itu memiliki dua anak.

Formula One

Setelah keberhasilannya dalam balap sepeda motor Grand Prix ia mendapatkesempatan untuk menguji Formula Satu mobil balap, maka FW19 Williams, di Circuitde Catalunya (di Spanyol) pada bulan April 1998. Dia menemukan mobil sulit untukmendorong dan menabrak seorang penjaga rel.

Doohan Motocoaster

Doohan membantu merancang sebuah Motorbike Intamin Peluncuran Roller Coaster, bernama Motocoaster Mick Doohan. Perjalanan terletak di Dreamworld di Gold Coast, Queensland.

0 komentar:

Posting Komentar